Minggu, 14 Juli 2013

MOS Sudekat

ujian kenaikan kelas pun sudah usai, dan generasi penerus pastilah ada, lalu di sela sela generasi penerus tersebut pasti ada kegiatan yang bernama MOS (masa orientasi siswa) di masing masing sekolah di SMA masing masing suatu daerah. tetapi ada saja pandangan pandangan positif maupun negatif tentang adanya MOS.

banyak yang bilang kalau MOS itu adalah ajang untuk balas dendam semata, tapi menurut gue itu salah besar (menurut gue lho ya). menurut gue, tujuan MOS itu untuk mengatur dan menumbuhkan rasa hormat dan etika sopan santun baik dalam etika berbicara maupun tingkah laku sehari hari, terutama etika terhadap orang yang lebih tua seperti orang tua, guru, dan orang dewasa lainnya, karena gue mengamati bahwa etika sopan santun di indonesia terutama di bali khususnya sudah agak melunjak ke arah yang negatif. terutama bocah bocah generasi sekarang, percakapan sudah menggunakan bahasa kasar dan menggunakan baju korlap berselogan "pang cang kene" (gak tau artinya translate sendiri), padahal kira kira masih kelas 2 sekolah dasar.

selain itu MOS juga mengasah kreatifitas peserta untuk lebih berkarya melalui tugas tugas seperti membuat tas dari kardus lah, dan lain lainnya agar kreatifitas generasi penerus tidak lah tumpul dan tidak hanya bergantung dengan ipad iphone smartphone dan lain lain. jadi seperti itulah tujuan MOS pada dasarnya (menurut gue, no offense). yang beranggapan MOS untuk balas dendam tolong dipikirkan lagi, otak taruh di kepala jangan di dengkul. jangan di samakan dengan MOS yang ada di luar negeri, beda budaya beda kepribadian.

buat adik adik yang mengikuti MOS semangat ya, tuhan menyertaimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar